Pages

Game-Game PC Terbaik Sepanjang Sejarah


Dunia PC gaming bukanlah hal yang patut untuk diremehkan. Dalam dunia ini, game adalah sebuah artifak yang diperlakukan sangat serius oleh para penganutnya. Ketika dunia luar kembali meneriakan kata-kata “PC gaming is dead!”, apalagi dengan semakin banyaknya developer PC yang mulai beralih ke console, tidak heran jika banyak orang mulai kembali mempertanyakan nasib masa depan dunia PC gaming. Tidak semua game-game terkenal ikut termasuk dalam list ini. Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda, masih banyak game-game mahakarya lainnya yang telah ikut membawakan terobosan baru dan merubah wujud dunia PC gaming. PC gaming sekarang ini memang sudah bukan lagi menjadi pihak yang dominan dalam persaingan dunia gaming. Meskipun demikian pada kenyataannya mayoritas game-game PC setalu mendatangkan inovasi dan konsep permainan baru yang revolusioner.

Game Terbaik 1989

Minesweeper

Sekarang ini game-game bertipe -Match-3- telah menjadi sangat populer. Tetapi tahukah kalian bahwa konsep permainan ini lahir dari game Minesweeper ketika Windows pertama kali merilisnya di tahun 1989? Minesweeper secara tidak tangsung membuat jutaan orang menjadi seorang -gamer- saat mereka ketagihan bermain game mi. Konsepnya yang sederhana namun sangat adiktif telah menginspirasi banyak game-game populer sekarang ini seperti Farmville atau Angry Birds.

Game Terbaik 1991

Lemmings, Monkey Island 2 : LeChuck’s Revenge

Di masa mulai semaraknya permainan puzzle, Lemmings dan Monkey Island 2 sukses menghadirkan terobosan baru dalam genre ini. Sampai sekarang ini sudah terjual lebih dari 15 juta copy game Lemmings sejak tahun 1991, game ini telah menjadi inspirasi dari berbagai macam game puzzle modern seperti “World of Goo” dan “Penguin x Run”. Di sisi lain, meski Monkey Island pertama tampil sukses sebagai game puzzle adventure, tetapi Monkey Island 2-lah yang berhasil menyempurnakan genre ini. Lucas Arts berhasil membuktikan kalau puzzle + adventure adalah kombinasi sempurna untuk sebuah game penuh petualangan berisikan tantangan puzzle-puzzle yang menarik.

Game Terbaik 1992

Dune 2, Flashback, Ultima VII

Meskipun Dune 2 bukan menjadi game RTS pertama kali yang dirilis, tetapi konsep dan format permainan game ini menjadi cikal bakal generasi game strategi di masa modern. Konsep permainan Dune 2 telah berulang kali diterapkan dalam game-game RTS tainnya.
Flashback tampil sebagai game action platformer dan dinilai sebagai game pertama yang memperkenalkan istilah “cinematic” berkat kualitas animasinya yang menawan. Game ini juga terkenal dengan tingkat kesulitannya yang sangat menantang.
Ultima VII menjadi salah satu game rpg paling populer pada masanya. Sebelum Dragon Age, Neverwinter Nights, atau bahkan Daggerfall . Ultima VII merajai dunia RPG. Pelopor game RPG open world ini membawakan terobosan baru dalam genre RPG, dengan menampilkan berbagai macam fitur yang sampai sekarang masih belum bisa ditiru oleh developer game lainnya.

Game Terbaik 1993

Doom

Doom menjadi salah satu prestasi paling berharga dalam sejarah PC gaming. Game ini menandakan evolusi dunia FPS dan menjadi perintis genre ini. Tanpa kehadiran Doom, dunia FPS tidak akan menjadi seperti sekarang ini. Meskipun Doom bukan tampil sebagai game FPS pertama, tetapi game ini berhasil membuktikan kemampuan maksimal dalam dunia PC gaming. Tidak hanya ini saja, Doom mendatangkan makna baru dalam istilah “corridor shooter”, sebuah konsep permainan yang terus menerus dipakai oteh mayoritas game-game FPS sampai di masa modern sekarang ini.

Game Terbaik 1994

System Shock, X-COM, Colonization, Sim City 2000

Tahun 1994 menjadi salah satu masa paling berjaya untuk genre strategi dan fps. Game seperti System Shock tampil sukses dan menjadi salah satu game paling mengesankan yang pernah dibuat. Ketika Colonization dan Sim City 2000 pertama kali di rilis, kedua game ini membawakan inovasi baru dalam genre strategi.

Game Terbaik 1995

Command and Conquer, Warcraff II

Dunia PC gaming menjadi sangat populer di tahun ini, terutama ketika dua raja RTS merilis C&C dan Warcraft dalam waktu berdekatan. Kedua game ini telah menjadi legenda dalam dunia PC gaming. C&C menampitkan konsep permainan yang menjadi inspirasi semua game RTS sekarang ini, sedangkan Warcraft II tampil solid dengan fitur-fitur yang klasik namun tetap seru untuk dimainkan.

Game Terbaik 1996

Duke Nukem 3D, Quake, Sid Meier’s Civilation II

Duke Nukem 3D, Quake, dan Civilization II, ketiga game ini masing-masing menghadirkan fitur baru dan inovasi dengan caranya yang istimewa. Duke Nukem 3D dan Quake menjadi salah satu game FPS terbaik yang pernah dibuat, konsep permainan kedua game ini menjadi cikal bakal game-game FPS populer seperti Team Fortress 2 dan Unreal Tournament. Di pihak lain, Civilization II menyempurnakan konsep permainan turn-bases strategy yang telah membuat jutaan pemain ketagihan bermain.

Game Terbaik 1997

Fallout/Fallout 2

Kebanyakan game RPG sekarang ini mengambil inspirasi dari kisah Dungeons & Dragons. Tetapi kalau sudah menyangkut dunia setting post-apocalyptic, maka Fallout-lah yang menjadi mahakarya dari game sejenis ini. Fallout/Fallout 2 tidak hanya menampilkan konsep permainan turn-based rpg yang sangat solid, tetapi juga berhasil menampilkan setting dunia yang sangat menawan, lengkap dengan alur cerita yang sangat menarik.

Game Terbaik 1998

Baldur’s Gate, Half Life

Baldur’s Gate dan sekuelnya Baldur’s Gate II, adatah game yang melahirkan RPG terkenal di masa sekarang ini seperti Dragon Age Origins atau Mass Effect 2. Tanpa kehadiran Baldur’s Gate, dunia RPG tidak akan pernah mengenal konsep permainan Dungeons & Dragons seperti sekarang ini. Tidak hanya gameplay yang sangat solid, Baldur’s Gate juga menampilkan alur cerita epik yang tidak pernah terlupakan.
Half-Life menjadi game yang mendatangkan terobosan baru dalam genre FPS, dengan mengkombinasikan permainan FPS dan alur cerita narasi menggunakan “scripted-event”. Game ini juga menghadirkan konsep permainan shooter yang dinamis, sistem A.I yang pintar, dan fitur-fitur yang menarik.

Game Terbaik 1999

Counter Strike, Homeworld, Quake III, Arena

Di antara sedemikian banyak game-game PC yang beredar pada tahun ini, ada beberapa judul game yang paling berkesan dan menampilkan terobosan baru di dunia PC gaming. Salah satu diantaranya adalah game Counter-Strike, game ini kurang lebih mendominasi dunia multiplayer FPS pada masanya. Hampir seluruh PC gamer bermain multiplayer hanya untuk memainkan Counter-Strike. Game ini telah mendatangkan tren dan inovasi baru dalam permainan FPS. Saingan beratnya, Quake III: Arena, juga ikut menjadi salah satu game paling populer dalam dunia PC gaming.

Game Terbaik 2000-2003

Diablo II, Sacrifice, The Elder Scrolls III: Morrowind, Neverwinter Nights

Antara jangka waktu tahun 2000 sampai dengan 2003, masa ini dipenuhi dengan berbagai macam game mahakarya yang rilis ekslusif untuk PC. Namun beberapa game yang paling populer di masa ini tampil dalam bentuk game-game RPG seperti Diablo II, Neverwinter Nights, dan Morrowind. Ketiga game ini masing-masing mempunyai peran penting yang dengan caranya tersendiri mampu merubah genre RPG hingga sampai sekarang ini. Diablo II menghadirkan genre action-rpg yang sangat seru dan sampai sekarang telah banyak ditiru oleh game tainnya. Neverwinter Nights menghadirkan sebuah rpg yang penuh alur cerita epik dan sistem pertarungan yang didasarkan oleh peraturan D&D. Sedangkan Morrowind menghadirkan dunia open-world rpg dengan penuh fitur dan inovasi yang baru.

Game Terbaik 2004

Warhammer 4000: Dawn of War, World of Warcraft, Half Life 2

Game RTS buatan Relic selalu tampil dengan konsep permainan yang unik dan berbeda dari game strategi lainnya. Game seperti Dawn of War ketika pertama kali di rills langsung menarik perhatian banyak orang karena game ini berani tampil berbeda dengan tidak mengikuti formula gameplay RTS tradisional. Salah satu game paling penting pada tahun ini adalah game online yang berjudul World of Warcraft. Kesuksesan World of Warcraft tampil sangat luar biasa, sampai tahun 2011 sekarang ini jutaan orang di seluruh dunia masih tetap ketagihan bermain World of Warcraft.

Game Terbaik 2005-2006

Dwarf Fortress, Company of Heroes, Guild Wars

Company of Heroes adalah projek terbaru Relic yang berusaha menghadirkan gaya permainan RTS yang baru. Konsep permainannya yang lebih mengutamakan fokus kepada perang antar unit daripada membangun/merekrut pasukan, telah terbukti sangat sukses sampai sekarang mi. Game Dawn of War 2 buatan Relic terbaru mengkombinasikan konsep permainan Company of Heroes dengan serf Dawn of War sebelumnya.
Hasilnya game ini menjadi salah satu RTS terbaik yang pernah dibuat dalam sejarah gaming. Kebanyakan pemain mungkin kurang mengetahui tentang Dwarf Fortress. Game ini terkenal karena sistem permainannya yang sangat rumit, namun memberikan kebebasan kepada pemain untuk membangun sendiri kerajaan mereka, lengkap dengan pasukan unit, mengurus ekonomi, mendirikan bangunan, mengumpulkan materi, menciptakan peralatan, dan berbagai macam simulasi kehidupan lainnya yang sampai sekarang masih belum tertandingi oleh game lainnya.
Ketika Guild Wars pertama kali dirilis, game ini berani tampil berbeda dari game online lainnya. Saat game online sating bersaing satu sama lainnya dengan konsep permainan yang serupa, Guild Wars tampil berbeda dengan memberikan fitur-fitur baru, ‘novasi yang unik, dan gays permainan yang membuat pemain ketagihan.

Game Terbaik 2007

Bioshock, Portal, Stalker : Shadow of Chernobyl

Setelah kesuksesan Half-Life dalam menampilkan permainan FPS penuh narasi, scripted event, dan alur cerita yang sangat mengesankan, Bioshock kembali menjadi salah satu game yang sukses dalam menerapkan konsep seperti Half-Life. Bioshock tampil fenomenal dengan alur cerita dan setting permainannya yang sangat unik. Di sisi lain, Portal menjadi salah satu game paling kreatif dalam mengkombinasikan genre puzzle dengan FPS. Stalker: Shadow of Chernobyl juga patut disebut dalam list ini, meskipun game ini mempunyai banyak sekali bug dan glitch yang mengganggu, tetapi konsep permainannya sangat menarik dan menjadi inspirasi banyak game di masa sekarang.

Game Terbaik 2008

Grand Theft Auto IV

Kepopuleran Grand Theft Auto sudah terkenal sejak dari pertama kali game ini dirilis. Namun GTA IV berhasil membawa fenomena baru dengan menciptakan dunia open world yang tidak saja tampil sangat luas, tetapi memiliki simulasi kehidupan sebuah kota metropolis yang sangat realistis. Konsep permainan Grand Theft Auto menjadi inspirasi untuk game-game di masa depan.

Game Terbaik 2009

Minecraft, Left 4 Dead 2, Dragon Age Origins, Plants vs. Zombies

Meskipun secara teknisnya Left 4 Dead adalah game pertama yang dirilis oleh Valve, tetapi sekuelnya, Left 4 Dead 2 yang berhasil menyempurnakan konsep permainan multiplayer yang adiktif ini. Left 4 Dead 2 menampilkan pengalaman bermain yang tidak pernah terasakan sebelumnya dalam dunia multiplayer Jika kebanyakan game lainnya mengajak pemain untuk bertarung melawan sesame pemain lainnya, Left 4 Dead 2 menambah konsep ini dengan menghadirkan ratusan zombie yang siap membantai seluruh pemain. Hasilnya membuat game ini menjadi sebuah multiplayer yang sangat seru memicu adrenalin, adiktif, dan sekaligus sangat mengerikan.
Banyak sekali orang yang bertanya-tanya tentang hal apa yang membuat Minecraft menjadi sebuah game yang sangat sukses di kalangan PC gamer. Game yang hanya dibuat oleh satu orang ini berhasil membuat jutaan pemain ketagihan bermain. Minecraft tidak memberikan alur cerita yang epik, visual grafik yang mewah, ataupun aksi pertempuran yang berlebihan. Tetapi Minecraft memberikan sebuah konsep dasar permainan yang sangat sederhana, dimana pemain bebas menentukan sendiri gaya permainan mereka, bebas menciptakan dunia permainan mereka, dan bebas membangun apa pun yang mereka inginkan. Kebebasan inilah yang membuat pemain tidak pernah bisa lepas dari racun manis yang disebut sebagai “Minecraft”.
Dragon Age Origins berhasil membuktikan kalau sebuah game rpg non-linear dan open-world, masih tetap bisa menampilkan sebuah slur cerita yang epik dan Tatar belakang karakter yang sangat kuat. Ketika game rpg lainnya tampil sangat linear dengan alasan untuk menjaga -keutuhan alur cerita-, Dragon Age Origins tampil berbeda dengan konsep permainan yang sangat menarik untuk dimainkan.
Plants vs. Zombies adalah bukti sempurna katau sebuah game casual masih tetap mampu menarik minat jutaan pemain. Plants vs. Zombies menampilkan inovasi baru dalam genre permainan Tower Defense, dengan tampitan visual grafik yang menawan, tingkah laku zombie dan tanaman yang kocak, game ini dengan cepat menarik perhatian banyak orang.

Game Terbaik 2010

Amnesia: The Dark Descent, Mass Effect 2, Starcraft II

Amnesia: The Dark Descent menjadi game horror paling menakutkan pada tahun 2010 dengan alasan yang sangat jelas. Konsep permainan Amnesia tampil sederhana, pemain terperangkap dalam sebuah kastil jaman kuno dan harus mencari cars untuk ketuar dari tempat tersebut. Game ini menggunakan konsep yang unik dimana pemain tidak dapat bertarun melawan monster-monster yang mereka temui sebaliknya pemain harus melarikan diri dan mencari tempat untuk bersembunyi.
Mass Effect 2 mendapat penghargaan sebagai Game of the Year 2010. Game ini tampil sangat solid dengan sistem permainan yang mengkombinasikan genre RPG dengan action shooter. Selain dari gamenya yang seru untuk dimainkan, Mass Effect 2 mempunyai alur cerita yang seru untuk diikuti, setiap karakter dalam game ini juga tampil menarik dengan personalitas mereka yang mengesankan. Kisah trilogi Mass Effect menjadi satah satu cerita yang paling ditunggu-tunggu kelanjutannya datam dunia gaming.
Starcraft II merupakan kebalikan dari game-game RTS revolusioner seperti Dawn of War II. Jika Dawn of War II menampilkan konsep permainan yang baru, Starcraft II tetap mempertahankan tradisi permainan RTS yang lama. Game ini mampu menyempurnakan sebuah tradisi. Meskipun permainan Starcraft II bukan tampil sebagai hal yang baru tetapi masih tetap disukai banyak orang.
Untuk game terbaik 2011 kita tunggu saja sampai bulan desember, di bulan ini sudah muncul Crysis 2 lanjutan dari sekuel pertamanya yang keren. Pilihan game-game di atas sangat subjektif, sebenarnya masih banyak game-game lain yang juga sangat bagus, misalnya dari genre balapan seperti Need For Speed Underground.
Apabila ada yang ingin dishare, informasi menarik lainnya silakan.
Referensi : majalah Game Station, EA Game, Blizzard, etc.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010. media belajar gratis by suugeng_pramana
Sponsored by : Blogger