Pages

Nikon D300

Nikon D300 adalah kamera DSLR dengan 12.3 megapixel, yang dikeluarkan Nikon untuk menggantikan pendahulunya yaitu Nikon D200. Kamera Nikon D300 ini menggunakan sensor CMOS.

Body kamera Nikon D300 terbuat dari Magnesium alloy dengan warna hitam, didesign untuk ketahanan yang cukup baik.


Spesifikasi :
- Resolusi 12.3 megapixel effective 
- Sensor CMOS 
- Resolusi maksimal 4288 x 2848
- Nikon F-mount lenses 
- Jenis file RAW, JPEG dan TIFF file formats 
- Shutter speeds 1/8,000 sampai 30 seconds 
- LCD 3.0 inc dengan resolusi 920,000 pixels 
- Support Live View
- ISO range: 200 sampai 3200 
- Noise Reduction, High ISO Noise Reduction pada ISO 400 keatas
- Hotshoe i-TTL untuk SB-800 dan SB-600 Speedlights Nikon
- Jenis memory: CompactFlash Type I / II, Micro drive compatible 
- Video output NTSC / PAL format 
- USB 2.0 hi-speed data and control interface 
- Battery Lithium EN-EL3e
- Ukuran 5.8 x 4.5 x 2.9 in
- Berat 825g

Official website : Nikon D300

More Information:
Nikon DX-D300 adalah kamera DSLR yang dikeluarkan oleh Nikon dengan fitur yang jauh meninggalkan pendahulunya Nikon D200. Jenis kamera Nikon D300 ini memiliki resolusi effektif 12.3 megapixel yang digabungkan dengan teknologi terbaru pada image processornya yang disebut dengan EXPEED untuk menghasilkan gambar yang indah, kecepatan yang signifikan dan noise reduction yang sangat baik. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengurangi partikel debu yang menempel pada sensor kamera dengan menggunakan getaran frekuensi optical low pass filter pada bagian depan sensor. Kamera jenis D300 hampir mirip dengan keluaran Nikon D3, namun D3 dikhususkan untuk pengguna yang lebih serius dengan beberapa fitur utama yang nyaris sama dengan D300.

Salah satu perkembangan yang melebihi kamera lain dikelasnya adalah titik focus yang mencapai hitungan 51 AF pada sebuah frame, bisa anda bayangkan bagaimana mudahnya seorang photografer menentukan sedetail mungkin titik focus yang akan diambil, tanpa harus merubah posisi kamera. Hal ini bisa terjadi karena Nikon D300 menggunakan modul Multicam 3500DX AF sensor. 

Tidak seperti pendahulunya Nikon D200 kebawah yang masih menggunakan sensor lama berjenis CCD, saat ini Nikon mulai mengimplementasikan jenis sensor CMOS pada Kamera Nikon D300, dan ini adalah perubahan yang sangat besar pada kelas kamera Nikon, sensornya juga terdapat analog to digital converter yang memungkinkan pengambilan gambar pada 12 dan 14 bit type RAW Nikon (NEF). Pengabungan penggunaan jenis sensor CMOS dan noise reduction yang dioptimize oleh EXPEED Nikon image processor, membuat kamera ini dapat mengambil gambar dengan noise yang cukup bisa diterima bahkan pada ISO 3200 sekalipun.

Kecepatan shoot ke shoot selanjutnya pada kamera Nikon D300 cukup cepat, namun kecepatan tersebut akan terasa sedikit lebih lambat jika kita menggunakan live view pada LCD sebelum pengambilan gambar, tetapi fitur live view ini sangat membantu untuk pengambilan gambar pada sudut yang sulit jika menggunakan optical viewfindernya, apalagi pada kamera Nikon D300 ini LCDnya berukuran cukup besar yaitu 3" sehingga gambar menjadi cukup jelas walaupun di kondisi terang cahaya matahari outdoor. Namun seperti kamera digital SLR lainnya, untuk exposure dan level histogram hanya bisa ditampilkan setelah gambar di capture, jadi tidak bisa ditampilkan pada live view sebelum gambar dishoot.

Kamera Nikon D300 dilengkapi dengan flash pop-up yang bisa dipakai secara manual. Untuk flash internal kamera ini GN-nya (guide number) 17 meter pada ISO 200. Jika kita merasa kurang dengan kemampuan bawaan flash internal kamera ini, pertimbangkan untuk menambahkan flash external yang dapat dipasang pada hotshoe Nikon D300, kamera ini juga dilengkapi dengan flash sync port untuk fasilitas external flash. Nikon D300 juga dilengkapi dengan lampu AF assist yang membantu photografer untuk mendapatkan focus pada kondisi cahaya yang kurang. Lampu AF Assist ini selain itu juga dipergunakan oleh D300 untuk membantu mengurangi mata merah (red eye), jadi cahaya dari AF ini akan hidup untuk merangsang kornea mata sebelum flash mengambil gambar, sehingga mengurangi efek mata merah. Dan fungsi selanjutnya dari lampu AF assist ini adalah sebagai bantuan hitungan pada saat self timer diaktifkan.

Output kamera Nikon D300 dilengkapi dengan HDMI port, yaitu port untuk menampilkan hasil foto pada kualitas resolusi tinggi pada HDTV, juga dilengkapi dengan USB 2.0 High Speed standart untuk kecepatan transfer data ke PC atau MAC. Battery pada kamera Nikon D300 ini untuk performance-nya cukup baik, pada kondisi normal dapat digunakan untuk pengambilan sampai dengan 1000 foto, namun ini sangat tergantung dengan bagaimana cara kita shoot kamera, karena penggunaan LCD untuk live view serta untuk mereview hasil foto juga sangat mempengaruhi kekuatan battery tersebut. Disarankan memiliki battery cadangan untuk kondisi yang tidak terduga.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010. media belajar gratis by suugeng_pramana
Sponsored by : Blogger